Selamat Datang…..

Dapatkan berbagai informasi terbaru mengenai Festival Mosintuwu yang akan di gelar pada 31 Oktober – 2 November 2019.

Evently

Stay Connected & Follow us

Simply enter your keyword and we will help you find what you need.

What are you looking for?

Good things happen when you narrow your focus
Welcome to Conference

Write us on info@evently.com

Follow Us

  /  WAHYUDI ADI NUGROHO

WAHYUDI ADI NUGROHO

Bulan November 2019 lalu, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Panggung Lestari di Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta diberikan penghargaan The 4th ASEAN Rural Development and Poverty Eradication Leadership Award di Nay Pyi Taw, Myanmar 

ASEAN Leadership Award adalah penghargaan ASEAN bagi Civil Society Organization (CSO) dan Private Sector (swasta) yang dinilai telah berkontribusi bagi pembangunan perdesaan dan pengentasan kemiskinan.

Wahyudi Anggoro Hadi sebagai Kepala Desa Panggungharjo mewakili BUMDes Panggung Lestari menerima penghargaan tersebut di Myanmar.

BUMDes Panggung Lestari, dari Desa Panggungharjo, Bantul ini dinilai layak atas ASEAN Leadership Award karena aksi nyatanya melalui Rumah Pengelolaan Sampah.

Pengelolaan sampah di Desa Panggungharjo didasarkan pada dua perspektif, yaitu perspektif kesehatan lingkungan sekaligus perspektif bisnis, oleh karena itu pengelolaan sampah ini dilakukan oleh BUMDes.

BUMDes Panggung Lestari memiliki 5 unit usaha sukses yang semuanya berkaitan dengan pelestarian lingkungan terdiri dari :

  1. Jasa Pengelolaan Sampah (KUPAS). Didirikan sejak 2018, usaha ini menyediakan jasa angkut sampah warga yang kemudian diolah lagi menjadi bernilai ekonomi tinggi. Sampai saat ini, pelanggannya sudah mencapai 1,090 keluarga.
  2. Pengelolaan Minyak Goreng Bekas untuk Bahan Bakar
  3. Pengolahan Minyak Nabati (Tamanu Oil) ini salah satu jenis minyak nabati yang sebenarnya mempunyai banyak fungsi selain menjadi bahan biodiesel/biosolar. Saat ini bermitra dengan ratusan petani di sepanjang pantai selatan jawa yang masuk dalam wilayah kabupaten Purworejo, Kebumen dan Cilacap JawaTengah. 
  4. Kampoeng Mataram. usaha wisata edukasi dan kuliner berbasis masyarakat agraris. Kampoeng Mataraman menawarkan produk dan layanan berupa warung makan dengan menu khas tradisional jawa. 

Website

All Sessions By WAHYUDI ADI NUGROHO

Seminar Desa Membangun
Kamis, 10 November 2022 09.00 - 17.00 WITA
Lokasi Festival Mosintuwu