Selamat Datang…..

Dapatkan berbagai informasi terbaru mengenai Festival Mosintuwu yang akan di gelar pada 31 Oktober – 2 November 2019.

Evently

Stay Connected & Follow us

Simply enter your keyword and we will help you find what you need.

What are you looking for?

Good things happen when you narrow your focus
Welcome to Conference

Write us on info@evently.com

Follow Us

  /  BASRI MARZUKI

BASRI MARZUKI

Guru Banyak Fotografer di Sulawesi Tengah

Mulai berkecimpung di dunia fotografi sejak 1998. Awalnya Basri hanya menjadikannya sebagai hobi. Dia belajar memotret secara otodidak. Tiga tahun kemudian, tepatnya 2001 dia memulai karir jurnalistiknya ketika bekerja di sebuah koran lokal di Palu.

Foto-fotonya menarik banyak perhatian pada 2001 juga dia menjadi wire di kantor berita resmi pemerintah yakni Antara dan sejumlah agensi foto asing. Beragam peristiwa, mulai dari politik, criminal, olahraga hingga aktifitas sosial keagamaan tidak luput dari sorotan kameranya.

Konflik yang meletus tahun 1998 membawanya datang ke Poso untuk melakukan peliputan. Banyak karya fotonya mendokumentasikan berbagai peristiwa kelam itu. Selain tugas-tugas jurnalistik, Basri juga mengerjakan berbagai project photo story untuk keperluan documentary bagi lembaga-lembaga yang berorientasi profit dan nirlaba. Di 2007, World Press Photo (WPP) yang bermarkas di Amsterdam memfasilitasinya dengan beasiswa melalui Panna Photo Institute untuk belajar lebih dalam tentang photojournalism. 

Lelaki yang akrab disapa BMZ (Be Em Zet) telah menghasilkan foto yang diterbitkan di sejumlah media, baik nasional maupun internasional.

Foto-fotonya yang mengangkat berbagai isu sosial, lingkungan dan kebudayaan membawanya meraih sejumlah prestasi, diantaranya penghargaan foto terbaik pada kompetisi foto Global Change di Jepang dan memenangkan sejumlah lomba foto bergengsi yang digelar di dalam negeri.

Di kancah internasional, World Bank juga mencatatkan namanya sebagai salah satu kontributor foto untuk penyusunan laporan pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dijalankan oleh Pemerintah Indonesia pasca reformasi.

Sejumlah pameran foto yang telah diikuti, baik di dalam maupun di dalam negeri. Sejumlah buku foto kerap kali dihiasi oleh karya fotonya. Pada event olahraga terbesar di Asia yang dilaksanakan di Indonesia yakni Asian Games 2018 Basri dipercaya menjadi salah seorang anggota tim official photographer. 

Ia juga terlibat dan aktif pada sejumlah lembaga profesi foto baik di tingkat local maupun nasional. 

Dengan segudang pengalaman dan prestasi itu, tidak heran membuat mantan  Sekretaris Aliansi Jurnalsi Independen (AJI) Palu dan Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Palu pada 2008 hingga 2017 kerap diminta menjadi mentor berbagai pelatihan jurnalistik tingkat mahasiswa dan komunitas foto. Juga menjadi tim juri di berbagai event lomba foto tingkat regional.

Website

All Sessions By BASRI MARZUKI

Workshop Fotografi
Rabu - Jumat, 9 - 11 November 2022 10.30 - selesai
Lokasi Festival Mosintuwu