Selamat Datang…..

Dapatkan berbagai informasi terbaru mengenai Festival Mosintuwu yang akan di gelar pada 31 Oktober – 2 November 2019.

Evently

Stay Connected & Follow us

Simply enter your keyword and we will help you find what you need.

What are you looking for?

Good things happen when you narrow your focus
Welcome to Conference

Write us on info@evently.com

Follow Us

  /  Cerita Kami   /  Ide Awal

Ide Awal

Festival Mosintuwu berawal dari diskusi dan proses belajar bersama perempuan di kelas Sekolah Perempuan Mosintuwu. Secara khusus kurikulum perempuan dan politik yang belajar tentang Undang-Undang Desa dan kurikulum ekonomi solidaritas, diikuti serangkaian training dan workshop tentang Desa Membangun.

Seluruh proses belajar bersama dengan perempuan akar rumput dan masyarakat di desa, menghasilkan sebuah mimpi tentang desa. Mimpi ini diawali dengan menggali keragaman budaya, keunikan alam, sejarah desa, kekayaan alam serta kreativitas orang Poso dalam mengekspresikannya. Proses ini disertai dengan penciptaan/ inovasi produk di desa-desa. Pada akhirnya menemukan kekuatan desa untuk berdaulat dalam pengelolaan ekonomi, kehidupan sosial dan kebudayaan. Temuan ini melahirkan sebuah kesadaran kritis tentang pentingnya sebuah perayaan bersama masyarakat dan desa di Kabupaten Poso. Sebuah perayaan yang bukan hanya mempertemukan keunikan, keberagaman dan kekayaan desa tapi mengembangkannya menjadi ruang-ruang terciptanya keadilan. Dan, perempuan adalah penggerak aktif di dalamnya. Maka, hadirlah Festival Mosintuwu.

Sebelumnya bernama Festival Hasil Bumi. Penggantian nama Festival menjadi Festival Mosintuwu bertujuan untuk menguatkan akar kebudayaan dan visi festival sebagai sebuah gerakan kebudayaan, yaitu kebudayaan Mosintuwu. Penggantian nama tahun 2017, bersamaan dengan arah gerakan Institut Mosintuwu sebagai organisasi gerakan kebudayaan. Di Festival Mosintuwu, anak, anak muda, perempuan, laki-laki, tokoh agama, tokoh budaya, para petani dan nelayan terlibat secara aktif dalam gerakan kebudayaan ini.

Post a Comment