Selamat Datang…..

Dapatkan berbagai informasi terbaru mengenai Festival Mosintuwu yang akan di gelar pada 31 Oktober – 2 November 2019.

Evently

Stay Connected & Follow us

Simply enter your keyword and we will help you find what you need.

What are you looking for?

Good things happen when you narrow your focus
Welcome to Conference

Write us on info@evently.com

Follow Us

  /  Cerita Kami   /  Tema

Tema

Festival Mosintuwu tahun 2019 mengambil tema “Menguatkan, merayakan pengetahuan, kebudayaan, dan keanekaragaman hayati Poso”

Tema ini dipilih dari refleksi perjalanan 10 tahun Mosintuwu yang awalnya fokus pada gerakan perempuan; selama 10 tahun ke depan bergerak bersama dengan masyarakat akar rumput di desa ( perempuan sebagai penggerak ), untuk menggali, menguatkan, mengembangkan pengetahuan lokal tentang alam , kebudayaan dan keanekaragaman hayati Poso.

Menguatkan adalah sebuah gerakan yang kembali pada kepercayaan bahwa keanekaragaman hayati alam di Poso telah memberikan pengetahuan, menciptakan kebudayaan yang membentuk identitas orang Poso. Menguatkan berarti mengembalikan identitas orang Poso yang dibentuk dari keanekaragaman hayati yang ada di sekitarnya. Menguatkan juga memaknai penggunaan kembali kearifan lokal yang ada dalam kebudayaan Poso dalam pengelolaan keanekaragaman hayati di sungai, danau, laut, gunung, lembah.

Merayakan, sebuah bentuk kepercayaan diri dan kebanggaan atas kearifan lokal dalam pengelolaan keanekaragaman hayati di Kabupaten Poso sehingga menempatkan pengetahuan lokal dan kearifan lokal sebagai pondasi dalam membicarakan dan mengelola alam serta kehidupan; sekaligus memproklamasikan identitas Poso dalam pengelolaan kehidupan yang bersahabat termasuk dalam konsep-konsep pembangunan.

Pengetahuan lokal dan kebudayaan lokal menjadi penting dalam menguatkan dan merayakan keanekaragaman hayati di Poso. Agar, peradaban di bumi memanusiakan manusia dan bersahabat dengan alam. Agar kehidupan di bumi berkelanjutan.

Post a Comment