Selamat Datang…..

Dapatkan berbagai informasi terbaru mengenai Festival Mosintuwu yang akan di gelar pada 31 Oktober – 2 November 2019.

Evently

Stay Connected & Follow us

Simply enter your keyword and we will help you find what you need.

What are you looking for?

Good things happen when you narrow your focus
Welcome to Conference

Write us on info@evently.com

Follow Us

  /  Cerita Kami   /  Mengapa Butuh Festival?

Mengapa Butuh Festival?

Tentang Ruang Merebut Kembali Kedaulatan Pangan Lokal

Desa adalah ruang terbentuknya peradaban bumi. Peradaban pertama di desa-desa berpusat pada alam, yang menciptakan kebudayaan masyarakat. Sayangnya, produksi massal makanan instan telah menyingkirkan pangan lokal, menggusur tanah, merusak air, dan mengancam ekosistem desa. Lalu, secara perlahan membunuh keberlangsungan kehidupan bumi, termasuk membunuh identitas kebudayaan. Padahal desa-desa memiliki keragaman budaya, keunikan alam, kekayaan alam serta kreativitas.

Dibutuhkan ruang yang dibuat dan dikelola, diingatkan terus menerus tentang kekayaan kebudayaan dalam pengelolaan alam dan kehidupan. Dibutuhkan ruang yang cukup untuk desa, untuk perempuan, untuk masyarakat saling berjumpa membincangkan situasi desa, sambil belajar dan berbagi pengetahuan, untuk saling menginspirasi, lalu merayakannya.

Desa dan masyarakatnya membutuhkan ruang untuk saling menguatkan, saling bekerjasama dan saling menemukan cara belajar dan bekerja yang menempatkan kehidupan masyarakat desa bersama dengan alamnya bisa selaras.

Juga, sebuah ruang yang memperlihatkan kekuatan kebudayaan dalam desa untuk diakui dan menjadi salah satu penentu dalam konsep pembangunan, sekaligus menampakkan persoalan-persoalan pengelolaan pangan lokal di desa. Dan, tentu saja, desa adalah tempat dimana perjuangan perdamaian dan keadilan dapat dimulai, berkembang dan dikuatkan.

Post a Comment